- berita

UPACARA PEMBUKAAN P5 TAHAP 2 SMP DWIJENDRA DENPASAR

Senin, 2 Oktober 2023, SMP Dwijendra Denpasar melaksanakan Upacara Pembukaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahap 2 dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” dengan topik Vasudhaiva Kutumbakam. Upacara ini diikuti oleh seluruh Guru dan Pegawai serta seluruh siswa kelas 7 dan 8.

Setelah berhasil melaksanakan Projek Tahap 1 dengan tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dengan lancar, Projek tahap 2 kali ini dilaksanakan agar peserta didik mampu berproses melalui pengalaman belajarnya untuk mencapai 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia; Berkebhinnekaan Global; dan Gotong-royong dengan elemen dan sub elemen serta capaian Tema Bhinneka Tunggal Ika pada Fase D.

Tujuan dari pelaksanaan projek ini adalah sebagai berikut.

  1. Peserta didik dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap keragaman kesenian dan budaya Indonesia.
  2. Peserta didik dapat lebih menghargai kebudayaan bangsa Indonesia dan melestarikannya.
  3. Peserta didik dapat menambah pengetahuan umum tentang keragaman kesenian dan budaya Indonesia.
  4. Peserta didik dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan bangga menjadi bangsa Indonesia.

Projek ini mengikuti empat tahapan yaitu :
1) Tahap Pengenalan (PIKIR)

Pada tahap ini akan membawa peserta didik untuk diskusi dan mengenali keragaman kesenian dan budaya nusantara berupa tarian, nyanyian, pakaian, dan rumah adat masing-masing daerah di Indonesia. Setelah itu, mereka akan diajak eksplorasi isu untuk melihat masalah nyata di lingkungan sekolah bagaimana meningkatkan rasa nasionalisme dan bangga menjadi bangsa Indonesia.
2) Tahap Kontekstualisasi (GAMBAR)

Pada tahap ini peserta didik akan belajar bersama mulai dari kegiatan menggali informasi tentang kesenian dan budaya nusantara berupa tarian, nyanyian, pakaian, dan rumah adat masing-masing daerah di Indonesia serta informasi lainnya yang memberikan inspirasi, gambaran, dan pemahaman peserta didik. Hal-hal tersebut akan menjadi pertimbangan saat mereka mencari gagasan atau ide untuk praktik menyanyi, menari, dan membuat pakaian serta rumah adat daerah-daerah di Indonesia yang sudah dipilih untuk dibuat dan dipamerkan pada akhir projek ini.
3) Tahap Aksi (BUAT)
Pada tahap ini peserta didik menuangkan aksi nyata mereka dengan praktik menyanyi, menari, dan membuat pakaian serta rumah adat daerah-daerah di Indonesia yang sudah dipilih.

4) Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut (UJI)
Pada tahap ini peserta didik akan melaksanakan asesmen sumatif dan tampil dalam pagelaran budaya nusantara berupa pentas seni dan pameran hasil kreasi peserta didik tentang tarian, nyanyian, pakaian serta rumah adat daerah-daerah di Indonesia.

About Dharma Astika

Read All Posts By Dharma Astika

1 thought on “UPACARA PEMBUKAAN P5 TAHAP 2 SMP DWIJENDRA DENPASAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *