- berita

Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan dan Budaya Lokal di Tengah Pandemi

Saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi virus covid-19 yang menyebar di Indonesia sejak 2 maret 2020. Dengan penyebaran virus tersebut pemerintah indonesia mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menekan jumlah penyebaran virus Covid-19 ini yaitu diawali dengan diberlakukannya lockdown di setiap daerah dengan harapan  agar dapat menekan rantai penyebaran virus Covid-19. Salah satu bidang yang terdampak adanya kebijakan tersebut yaitu bidang pendidikan, pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran daring (online)  kepada para peserta didik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah maupun  Perguruan Tinggi. Upaya ini dilakukan agar meminimalisir penyebaran  Covid-19 di lingkungan pendidikan, sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Kebijakan pembelajaran daring (online) ini diharapkan agar peserta  didik tetap bisa melakukan pembelajaran meskipun dimasa pandemi  guna membentuk karakter peserta didik yang kritis dalam berpikir dan  bertanggung jawab dalam berbagai hal,serta tanggap dalam menyingkapi berbagai masalah yang ada di lingkungan sosialnya.di saat pembelajaran secara daring ini di berlakukan guru perlu menerapkan strategi pembelajaran dalam penyampaian materi kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Pembelajaran yang diberikan sekarang lebih memiliki peran penting dalam materi belajar, peserta didik mampu dibuat guru agar mereka lebih tertarik belajar dalam budaya lokal seperti, dibidang ilmu pengetahuan sosial yang berperan penting untuk dipelajari dan dipahami dengan lingkungan,tempat tinggal sosial budaya mereka yang lebih bermakna.

Budaya pada pembelajaran secara lokal seperti halnya pada materi pembelajaran daring di dalamnya memuat lingkungan maupun ekologi serta terkait akan kearifan lokal dalam kebudayaan sekitar peserta didik sehingga lebih pantas dimasukan pada pembelajaran di tengah pandemi.dengan begitu guru berperan untuk memasukan budaya lokal sekitar seperti halnya akan memperkaya pemahaman tentang salah satu konsepsosial yang mencakup keunikan budaya lokal masing-masing di dalamnya yang dapat dimengerti dan dapat diperkaya dengan mengamati tanpa mengabaikan pembelajaran yang diberikan guru.

Yang dapat dilakukan guru melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yang di dalamnya mencakup keseluruhan termasuk budaya lokal agar bisa memperkaya pemahaman,pegertian, dan pemanfaatan pengetahuan yang dimiliki peserta didik dengan baik sehingga konseptual, faktual dan lebih prosuderal dengan pembekalan yang diberikan guru kepada peserta didik melalui ilmu pengetahuanya, teknologinya, sentuhanya akan humaniora berlatar belakang budaya dengan melatarbelakangi luas cakupan manusia, negara maupun kebangsaan.

Nilai dasar yang melatar belakangi ciri dasar masyarakat yang bertahan atas dasar inovasi budaya lokal sosial masyarakat yang patut yaitu gotong royong pembelajaran dibahas dan  dimasukan dengan penerapan yang bisa ditilik dari pengambilan sikap pembelajaran materi ajar sosiologi dalam masyarakat sebagai sumber pembelajaran, mencapai kedewasaan, baik perilaku maupun kehidupan keseharian patut didorong agar mampu nanti diterapkan sebagai warga yang baik sadar akan tata cara bermasyarakat.

Oleh: Ni Putu Dewi Yunita, S. Pd

Setelah membaca, anak – anak wajib mengisi form literasi dengan menekan tautan ini di bawah ini.

About Humas Division

Read All Posts By Humas Division

81 thoughts on “Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan dan Budaya Lokal di Tengah Pandemi

  1. Saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi virus covid-19 yang menyebar di Indonesia sejak 2 maret 2020. Dengan penyebaran virus tersebut pemerintah indonesia mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menekan jumlah penyebaran virus Covid-19 ini yaitu diawali dengan diberlakukannya lockdown di setiap daerah dengan harapan agar dapat menekan rantai penyebaran virus Covid-19. Salah satu bidang yang terdampak adanya kebijakan tersebut yaitu bidang pendidikan, pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran daring (online) kepada para peserta didik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah maupun Perguruan Tinggi. Upaya ini dilakukan agar meminimalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan, sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona.

  2. Budaya pada pembelajaran secara lokal seperti halnya pada materi pembelajaran daring di dalamnya memuat lingkungan maupun ekologi serta terkait akan kearifan lokal dalam kebudayaan sekitar peserta didik sehingga lebih pantas dimasukan pada pembelajaran di tengah pandemi.dengan begitu guru berperan untuk memasukan budaya lokal sekitar seperti halnya akan memperkaya pemahaman tentang salah satu konsepsosial yang mencakup keunikan budaya lokal masing-masing di dalamnya yang dapat dimengerti dan dapat diperkaya dengan mengamati tanpa mengabaikan pembelajaran yang diberikan guru.

  3. PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN DAN BUDAYA LOKAL DI TENGAH PANDEMI
    Saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi virus COVID-19 yang menyebar di Indonesia sejak 2 Maret 2020.
    Salah satu bidang yang terdampak adanya kebijakan tersebut yaitu bidang pendidikan, pemerintah memberlakukan pembelajaran daring (online) kepada para peserta didik sekolah dasar, sekolah menengah maupun perguruan tinggi.

  4. Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan dan Budaya Lokal di Tengah Pandemi
    Saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi virus covid-19 yang menyebar di Indonesia sejak 2 maret 2020. Dengan penyebaran virus tersebut pemerintah indonesia mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menekan jumlah penyebaran virus Covid-19 ini yaitu diawali dengan diberlakukannya lockdown di setiap daerah dengan harapan agar dapat menekan rantai penyebaran virus Covid-19. Salah satu bidang yang terdampak adanya kebijakan tersebut yaitu bidang pendidikan, pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran daring (online) kepada para peserta didik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah maupun Perguruan Tinggi. Upaya ini dilakukan agar meminimalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan, sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona.

    Kebijakan pembelajaran daring (online) ini diharapkan agar peserta didik tetap bisa melakukan pembelajaran meskipun dimasa pandemi guna membentuk karakter peserta didik yang kritis dalam berpikir dan bertanggung jawab dalam berbagai hal,serta tanggap dalam menyingkapi berbagai masalah yang ada di lingkungan sosialnya.di saat pembelajaran secara daring ini di berlakukan guru perlu menerapkan strategi pembelajaran dalam penyampaian materi kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Pembelajaran yang diberikan sekarang lebih memiliki peran penting dalam materi belajar, peserta didik mampu dibuat guru agar mereka lebih tertarik belajar dalam budaya lokal seperti, dibidang ilmu pengetahuan sosial yang berperan penting untuk dipelajari dan dipahami dengan lingkungan,tempat tinggal sosial budaya mereka yang lebih bermakna.

    Budaya pada pembelajaran secara lokal seperti halnya pada materi pembelajaran daring di dalamnya memuat lingkungan maupun ekologi serta terkait akan kearifan lokal dalam kebudayaan sekitar peserta didik sehingga lebih pantas dimasukan pada pembelajaran di tengah pandemi.dengan begitu guru berperan untuk memasukan budaya lokal sekitar seperti halnya akan memperkaya pemahaman tentang salah satu konsepsosial yang mencakup keunikan budaya lokal masing-masing di dalamnya yang dapat dimengerti dan dapat diperkaya dengan mengamati tanpa mengabaikan pembelajaran yang diberikan guru.

  5. Budaya pada pembelajaran secara lokal seperti halnya pada materi pembelajaran daring di dalamnya memuat lingkungan maupun ekologi serta terkait akan kearifan lokal dalam kebudayaan sekitar peserta didik sehingga lebih pantas dimasukan pada pembelajaran di tengah pandemi.dengan begitu guru berperan untuk memasukan budaya lokal sekitar seperti halnya akan memperkaya pemahaman tentang salah satu konsepsosial yang mencakup keunikan budaya lokal masing-masing di dalamnya yang dapat dimengerti dan dapat diperkaya dengan mengamati tanpa mengabaikan pembelajaran yang diberikan guru.

  6. Kebijakan pembelajaran daring (online) ini diharapkan agar peserta didik tetap bisa melakukan pembelajaran meskipun dimasa pandemi guna membentuk karakter peserta didik yang kritis dalam berpikir dan bertanggung jawab dalam berbagai hal,serta tanggap dalam menyingkapi berbagai masalah yang ada di lingkungan sosialnya.di saat pembelajaran secara daring ini di berlakukan guru perlu menerapkan strategi pembelajaran dalam penyampaian materi kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Pembelajaran yang diberikan sekarang lebih memiliki peran penting dalam materi belajar, peserta didik mampu dibuat guru agar mereka lebih tertarik belajar dalam budaya lokal seperti, dibidang ilmu pengetahuan sosial yang berperan penting untuk dipelajari dan dipahami dengan lingkungan,tempat tinggal sosial budaya mereka yang lebih bermakna.

    Budaya pada pembelajaran secara lokal seperti halnya pada materi pembelajaran daring di dalamnya memuat lingkungan maupun ekologi serta terkait akan kearifan lokal dalam kebudayaan sekitar peserta didik sehingga lebih pantas dimasukan pada pembelajaran di tengah pandemi.dengan begitu guru berperan untuk memasukan budaya lokal sekitar seperti halnya akan memperkaya pemahaman tentang salah satu konsepsosial yang mencakup keunikan budaya lokal masing-masing di dalamnya yang dapat dimengerti dan dapat diperkaya dengan mengamati tanpa mengabaikan pembelajaran yang diberikan guru.

  7. Pingback: dumps shop
  8. Pingback: Svenskt körkort
  9. Pingback: Guns For Sale
  10. Pingback: world market link
  11. Pingback: dumps website
  12. Pingback: marlin website
  13. Pingback: 1p lsd
  14. Pingback: betflik
  15. Pingback: Online dispensary
  16. Pingback: Dating Russian Men
  17. Pingback: try this website
  18. Pingback: cbd dråber 30%
  19. Pingback: ux design meaning
  20. Pingback: mayalynn
  21. Pingback: dumps vault
  22. Pingback: maxbet
  23. Pingback: cc dumps online
  24. Pingback: 토토샤오미
  25. Pingback: https://y2mate.lu
  26. Pingback: SBOBET
  27. Pingback: cheap boost
  28. Pingback: 대구웨딩홀
  29. Pingback: motorsport
  30. Pingback: buy weed online
  31. Смотреть фильмы / топ кино онлайн. Смотреть фильмы онлайн бесплатно в хорошем HD качестве. Смотреть фильмы в хорошем качестве (HD, 1080p) в онлайн. Смотреть фильмы онлайн бесплатно в хорошем качестве. Новинки уже вышедшие смотреть онлайн в хорошем качестве. Смотреть фильмы онлайн в хорошем качестве Full HD 720. Смотреть фильмы онлайн в хорошем качестве бесплатно.

  32. Аренда VDS или VPS сервера
    – Дата-центр в Москве и Амстердаме
    – Управляйте серверами на лету.
    – Отлично подходит под A-Parser
    – Возможность арендовать сервер на 1 час или 1 сутки
    – Ubuntu, Debian, CentOS, Oracle 9 – бесплатно
    – Windows – 2022, 2019, 2016, 2012 R2
    – Быстрые серверы с NVMe.
    – Outline VPN, WireGuard VPN, IPsec VPN.
    – Более 15 000 сервер уже в работе
    – Отлично подходит под XRumer + XEvil
    – Автоматическая установка Windows – бесплатно
    – Мгновенное развёртывание сервера в несколько кликов – бесплатно
    – Круглосуточная техническая поддержка – бесплатно
    – Супер (аптайм, скорость, пинг, нагрузка)
    – Для сервера сеть на скорости 1 Гбит!
    – Отлично подходит под Xneolinks
    – Скорость порта подключения к сети интернет — 1000 Мбит/сек
    – Windows – 2012 R2, 2016, 2019, 2022 – бесплатно
    – Почасовая оплата
    – FASTPANEL и HestiaCP – бесплатно
    – Отлично подходит под GSA Search Engine Ranker
    – Отлично подходит под CapMonster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *