- berita

MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN TUBUH DAN LINGKUNGAN YANG WAJIB DITERAPKAN

Selain sebagai transportasi, bersepeda juga termasuk kegiatan berolahraga. Bersepeda memiliki banyak manfaat dalam kesehatan terutama bagi kesehatan jantung.

Di samping itu, bersepeda juga mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dibanding dengan mengendari motor. Menurut statistik Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, sepeda motor masih menempati urutan tertinggi jenis kendaraan yang kerap mengalami kecelakaan hingga Februari 2020.

Meski begitu tak jarang pengguna sepeda menjadi korban tabrakan lalu lintas karena tidak memiliki jalur yang aman untuk bersepeda. Bersepeda merupakan sarana transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi, bahkan menyehatkan tubuh Anda.

Berikut manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh dan lingkungan yang harus sangat dianjurkan untuk memperbaiki lingkungan hidup kita yang semakin terancam dilansir dari Healthline:

  1. Mengontrol Berat Badan, Terbiasa bersepeda, terutama pada intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh yang mendukung mengontrol berat badan yang sehat. Selain itu, bersepeda akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.
  2. Meningkatkan Kekuatan Kaki, Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki Anda tanpa terlalu menekannya. Terutama bagian paha depan Anda, glutes, paha belakang, dan betis. Untuk membuat kaki Anda lebih kuat, cobalah latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, dan lunges beberapa kali per minggu untuk lebih meningkatkan kinerja bersepeda Anda.
  3. Bagus untuk Pemula, Mengendarai sepeda cukup mudah dilakukan. Jika Anda mengalami kesulitan dengan sepeda standar, sepeda stasioner adalah alternatif yang bagus. Jika Anda baru mulai berolahraga atau bangkit kembali dari cedera atau sakit, Anda dapat bersepeda dengan intensitas rendah. Ketika Anda menjadi lebih bugar, Anda dapat meningkatkan intensitas atau melanjutkan siklus dengan frekuensi yang lebih sering.
  4. Latihan Otot Inti, Bersepeda juga melatih otot inti Anda, termasuk punggung dan perut. Menjaga tubuh Anda tegak dan menjaga posisi sepeda tetap membutuhkan kekuatan inti dalam jumlah tertentu. Perut yang kuat dan otot punggung mendukung tulang belakang Anda, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.
  5. Meningkatkan Kesehatan Mental, Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalan saat Anda bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan saat ini. Ini dapat membantu mengalihkan fokus Anda dari masalah harian yang sedang Anda hadapi. Jika Anda merasa lesu, bersepedalah setidaknya selama 10 menit. Bersepeda bisa melepaskan endorfin, yang pada gilirannya membantu Anda merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres. Anda mungkin merasa lebih percaya diri dan puas setelah Anda menjadikan bersepeda sebagai bagian rutin dari hidup Anda.
  6. Dapat Membantu Penderita Kanker, Bersepeda adalah tambahan fantastis untuk rencana perawatan Anda jika Anda memiliki atau sedang dalam pemulihan dari kanker. Bersepeda juga dapat membuat Anda tetap ramping dan bugar. Bersepeda dapat mengurangi risiko Anda untuk jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara. Menurut penelitian dari 2019, tetap aktif bersepeda jika Anda menderita kanker payudara dapat membantu mengurangi efek samping dari pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.
  7. Awal yang Positif untuk Pagi Anda, Mulailah hari Anda dengan aktivitas yang sehat seperti bersepeda. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan Anda untuk memulai hari dengan rasa pencapaian. Anda mungkin merasa lebih cenderung untuk membuat pilihan yang sehat dan positif seiring berjalannya hari. Bersepeda dengan intensitas rendah dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan, dan meningkatkan energi dan tingkat metabolisme sepanjang hari. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa orang yang berolahraga sebelum sarapan selama 6 minggu meningkatkan respons mereka terhadap insulin. Hal ini membantu mereka membakar lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah sarapan.
  8. Mencegah dan Mengelola Kondisi Medis, Apakah Anda ingin mencegah masalah kesehatan yang timbul atau mengelola kondisi yang ada? Olahraga teratur adalah kuncinya. Bersepeda secara teratur adalah salah satu cara untuk menghindari gaya hidup yang tidak menentu dan masalah kesehatan yang menyertainya. Hal ini dapat membantu mencegah masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda juga dapat membantu mencegah dan mengatur kondisi diabetes tipe 2.
  9. Ramah lingkungan, Kurangi jejak karbon Anda dengan mengendarai sepeda Anda jika memungkinkan. Bersepeda adalah pengganti yang bagus untuk opsi transportasi yang melibatkan macet di lalu lintas untuk waktu yang lama.Hal ini sangat berguna ketika Anda pergi ke tempat-tempat yang agak terlalu jauh untuk berjalan, tetapi Anda tetap tidak ingin naik mobil dan sejenisnya.
  10. Meningkatkan Keseimbangan, Postur, dan Koordinasi, Saat Anda menstabilkan tubuh dan menjaga sepeda tetap tegak, Anda akan meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur secara keseluruhan. Keseimbangan cenderung menurun dengan bertambahnya usia dan tidak aktif, jadi penting untuk tetap di atasnya. Keseimbangan yang ditingkatkan bermanfaat dalam pencegahan jatuh dan patah tulang.
  11. Cocok untuk Orang dengan Masalah Sendi, Bersepeda adalah hal yang mudah bagi tubuh Anda. Aktivitas ini menjadikannya pilihan yang baik bagi orang-orang yang menginginkan olahraga yang intens tanpa menekankan persendian mereka. Bersepeda adalah pilihan yang bagus untuk orang yang memiliki masalah sendi atau kekakuan keseluruhan, terutama di tubuh bagian bawah.

Oleh: I Gede Eka Putra Sujana, S. Pd

Setelah membaca, anak – anak wajib mengisi form literasi dengan menekan tautan ini di bawah ini.

http://bit.ly/gerakanliterasinasionalsmpdj

About Humas Division

Read All Posts By Humas Division

825 thoughts on “MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN TUBUH DAN LINGKUNGAN YANG WAJIB DITERAPKAN

  1. Olahraga sepeda memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan otot kaki,otot lengan dan lain sebagainya bersepeda juga dapat menjadi alat transportasi.

  2. MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN TUBUH DAN LINGKUNGAN YANG WAJIB DITERAPKAN
    1.Mengontrol Berat Badan
    2.Meningkatkan Kekuatan Kaki
    3.Bagus untuk Pemula
    4.Latihan Otot Inti
    5.Meningkatkan Kesehatan Mental
    6.Dapat Membantu Penderita Kanker
    7.Awal yang Positif untuk Pagi Anda
    8.Mencegah dan Mengelola Kondisi Medis
    9.Ramah lingkungan
    10.Meningkatkan Keseimbangan, Postur, dan Koordinasi
    11.Cocok untuk Orang dengan Masalah Sendi

  3. Selain sebagai transportasi, bersepeda juga termasuk kegiatan berolahraga. Bersepeda memiliki banyak manfaat dalam kesehatan terutama bagi kesehatan jantung.

    Di samping itu, bersepeda juga mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dibanding dengan mengendari motor. Menurut statistik Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, sepeda motor masih menempati urutan tertinggi jenis kendaraan yang kerap mengalami kecelakaan hingga Februari 2020.

    Meski begitu tak jarang pengguna sepeda menjadi korban tabrakan lalu lintas karena tidak memiliki jalur yang aman untuk bersepeda. Bersepeda merupakan sarana transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi, bahkan menyehatkan tubuh Anda.

    Berikut manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh dan lingkungan yang harus sangat dianjurkan untuk memperbaiki lingkungan hidup kita yang semakin terancam dilansir dari Healthline:

    Mengontrol Berat Badan, Terbiasa bersepeda, terutama pada intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh yang mendukung mengontrol berat badan yang sehat. Selain itu, bersepeda akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.
    Meningkatkan Kekuatan Kaki, Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki Anda tanpa terlalu menekannya. Terutama bagian paha depan Anda, glutes, paha belakang, dan betis. Untuk membuat kaki Anda lebih kuat, cobalah latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, dan lunges beberapa kali per minggu untuk lebih meningkatkan kinerja bersepeda Anda.
    Bagus untuk Pemula, Mengendarai sepeda cukup mudah dilakukan. Jika Anda mengalami kesulitan dengan sepeda standar, sepeda stasioner adalah alternatif yang bagus. Jika Anda baru mulai berolahraga atau bangkit kembali dari cedera atau sakit, Anda dapat bersepeda dengan intensitas rendah. Ketika Anda menjadi lebih bugar, Anda dapat meningkatkan intensitas atau melanjutkan siklus dengan frekuensi yang lebih sering.
    Latihan Otot Inti, Bersepeda juga melatih otot inti Anda, termasuk punggung dan perut. Menjaga tubuh Anda tegak dan menjaga posisi sepeda tetap membutuhkan kekuatan inti dalam jumlah tertentu. Perut yang kuat dan otot punggung mendukung tulang belakang Anda, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.
    Meningkatkan Kesehatan Mental, Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalan saat Anda bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan saat ini. Ini dapat membantu mengalihkan fokus Anda dari masalah harian yang sedang Anda hadapi. Jika Anda merasa lesu, bersepedalah setidaknya selama 10 menit. Bersepeda bisa melepaskan endorfin, yang pada gilirannya membantu Anda merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres. Anda mungkin merasa lebih percaya diri dan puas setelah Anda menjadikan bersepeda sebagai bagian rutin dari hidup Anda.

  4. MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN TUBUH
    Selain sebagai alat transportasi,bersepeda juga sebagai alat olahraga.bersepeda juga memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan jantung.
    Berikut manfaat bersepeda:
    1.mengontrol berat badan
    2.meningkatkan kekuatan kaki
    3.bagus untuk pemula
    4.latihan otot inti
    5.meningkatkan kesehatan mental
    6.dapat membantu penderita kanker
    7.awal yang positif untuk pagi anda
    8.mencegah dan mengelola kesehatan medis
    9.ramah lingkungan
    10.cocok dengan orang yang memiliki masalah sendi

  5. Pingback: world market url
  6. Pingback: World Market Link
  7. Pingback: relx
  8. Pingback: kardinal stick
  9. Pingback: moto nova78
  10. Pingback: sbo
  11. Pingback: Automation Testing
  12. Pingback: maxbet
  13. Pingback: iptv testline
  14. Pingback: employment
  15. Pingback: sbobet
  16. Pingback: sbo
  17. Pingback: web page design
  18. Pingback: custom decals
  19. Pingback: YABO
  20. Pingback: Pokermatch India
  21. Pingback: check here
  22. Pingback: ufatesla
  23. I have to admit, I was a bit skeptical when I started reading your post. But by the end, you completely changed my perspective. The way you presented the facts and your analysis was top-notch. Could you recommend some further reading on this? I’m eager to learn more!

  24. I loved as much as you will receive carried out right here.

    The sketch is attractive, your authored subject matter stylish.
    nonetheless, you command get got an edginess over that you wish be delivering
    the following. unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike.

  25. 🌌 Wow, this blog is like a rocket soaring into the universe of excitement! 💫 The thrilling content here is a rollercoaster ride for the mind, sparking curiosity at every turn. 🎢 Whether it’s inspiration, this blog is a treasure trove of inspiring insights! 🌟 🚀 into this cosmic journey of knowledge and let your mind fly! ✨ Don’t just explore, savor the excitement! 🌈 Your mind will be grateful for this thrilling joyride through the worlds of awe! 🚀

  26. 💫 Wow, this blog is like a fantastic adventure blasting off into the galaxy of wonder! 💫 The captivating content here is a captivating for the mind, sparking excitement at every turn. 💫 Whether it’s inspiration, this blog is a source of exhilarating insights! #InfinitePossibilities Embark into this thrilling experience of discovery and let your thoughts fly! 🚀 Don’t just enjoy, savor the thrill! #FuelForThought Your brain will be grateful for this thrilling joyride through the realms of discovery! 🌍

  27. *Limits may be applied by the payments processor. Needless to say, banking transactions are the most delicate and, in the same time, important aspects of playing online with real money. First of all, you need to know that licensed casinos process all your banking data through encrypted connections, so as to prevent malicious use and to keep your information safe. Over the past years, we have seen a wide array of payment methods being added to the best online casinos, from e-wallets to bitcoins. So, if before some debit cards were unusable for gambling on the Internet, now users even have the possibility of enjoying the anonymity of playing with cryptocurrencies. *Limits may be applied by the payments processor. PensacolaVoice is a participant in the Amazon Services LLC Associates Program, an affiliate advertising program designed to provide a means for sites to earn advertising fees by advertising and linking to Amazon. Amazon, the Amazon logo, AmazonSupply, and the AmazonSupply logo are trademarks of Amazon, Inc. or its affiliates.
    https://trevorsayv529629.techionblog.com/20468604/jack-s-casino-wk
    We’ll start off with the best of the best. You simply can’t top a no-deposit bonus offer; these are promotions that you can take full advantage of without making a deposit. Yes, you read that correctly. Since no deposit is required, there’s no financial risk to the user. No deposit casino bonuses are typically pretty small, since the casino is literally passing out money from promotions; but what do you have to lose? These offers can typically net you between $10 and $30, which you can use to splash around and try out a few games. It will be a challenge to build a bankroll from, but it’s certainly worth the effort to try. Yes, you can win real money by using the $10 deposit casino, as you are depositing real money into the casino, all of your winnings will be in real money as well. Keep in mind that if you are using a bonus of any kind, you might need to complete the wagering requirements before you can complete the withdrawal.