- berita

Mendongeng dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

Mendongeng tidak hanya dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Indonesian saja, melainkan dapat juga dilakukan pada bidang studi lainnya, hanya saja porsi waktu yang disesuaikan atau sebagai pengantar mata pelajaran tersebut atau tatkala siswa mengalami kejenuhan belajar. Kita tahu bahwa mendongeng atau bercerita adalah hal yang cukup diminati oleh semua orang.

Yang lebih penting adalah bagaimana guru memulai mendongeng secara teratur setiap hari meskipun dalam jangka waktu pendek daripada dalam jangka waktu panjang tetapi tidak teratur. Mungkin siswa terbuai dengan dongeng, maka guru bisa sedikit berdiskusi mengenai apa saja yang dia tanyakan. Atau bila siswa minta diceritakan sekali lagi, tidak ada salahnya memenuhi permintaannya. Bisa pula kegiatan ini dialihkan perlahan-lahan, misalnya dengan menyuruh siswa menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai dengan cerita yang baru didengarnya dan guru dapat mengatakan bahwa besok akan mendongeng lagi dengan cerita yang lain.

Semua orang tentu menyukai cerita apalagi anak-anak. Saat dimana anak mengembangkan imajinasi dan memperluas minatnya adalah ketika ia mendengarkan cerita. Dengan cerita, anak belajar mengenal manusia dan kehidupan serta dirinya sendiri. Lewat cerita-cerita yang guru sampaikan, anak meluaskan dunia dan pengalaman hidupnya. Oleh karena itu mendongeng atau bercerita pada anak perlu dilakukan sejak dini.

Untuk itu, seorang guru yang menjadi pendongeng dituntut mampu memanfaatkan sarana fisik berupa alat penghasil suara secara optimal serta mampu memanfaatkan sarana fisik lainnya, yakni tubuh dan anggota tubuh untuk melakukan mimik dan pantomimik yang menarik. (https://lenterakecil.com/mendongeng-dalam-kegiatan-belajar-mengajar/)

Setelah membaca, anak – anak wajib mengisi form literasi dengan menekan tautan ini di bawah ini.

About Humas Division

Read All Posts By Humas Division

61 thoughts on “Mendongeng dalam Kegiatan Belajar Mengajar

  1. Mendongeng dalam Kegiatan Belajar Mengajar
    Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

    Mendongeng tidak hanya dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Indonesian saja, melainkan dapat juga dilakukan pada bidang studi lainnya, hanya saja porsi waktu yang disesuaikan atau sebagai pengantar mata pelajaran tersebut atau tatkala siswa mengalami kejenuhan belajar. Kita tahu bahwa mendongeng atau bercerita adalah hal yang cukup diminati oleh semua orang.

    Yang lebih penting adalah bagaimana guru memulai mendongeng secara teratur setiap hari meskipun dalam jangka waktu pendek daripada dalam jangka waktu panjang tetapi tidak teratur. Mungkin siswa terbuai dengan dongeng, maka guru bisa sedikit berdiskusi mengenai apa saja yang dia tanyakan. Atau bila siswa minta diceritakan sekali lagi, tidak ada salahnya memenuhi permintaannya. Bisa pula kegiatan ini dialihkan perlahan-lahan, misalnya dengan menyuruh siswa menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai dengan cerita yang baru didengarnya dan guru dapat mengatakan bahwa besok akan mendongeng lagi dengan cerita yang lain.

    Semua orang tentu menyukai cerita apalagi anak-anak. Saat dimana anak mengembangkan imajinasi dan memperluas minatnya adalah ketika ia mendengarkan cerita. Dengan cerita, anak belajar mengenal manusia dan kehidupan serta dirinya sendiri. Lewat cerita-cerita yang guru sampaikan, anak meluaskan dunia dan pengalaman hidupnya. Oleh karena itu mendongeng atau bercerita pada anak perlu dilakukan sejak dini.

    Untuk itu, seorang guru yang menjadi pendongeng dituntut mampu memanfaatkan sarana fisik berupa alat penghasil suara secara optimal serta mampu memanfaatkan sarana fisik lainnya, yakni tubuh dan anggota tubuh untuk melakukan mimik dan pantomimik yang menarik. (https://lenterakecil.com/mendongeng-dalam-kegiatan-belajar-mengajar/)

  2. Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

    Mendongeng tidak hanya dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Indonesian saja, melainkan dapat juga dilakukan pada bidang studi lainnya, hanya saja porsi waktu yang disesuaikan atau sebagai pengantar mata pelajaran tersebut atau tatkala siswa mengalami kejenuhan belajar. Kita tahu bahwa mendongeng atau bercerita adalah hal yang cukup diminati oleh semua orang.

    Semua orang tentu menyukai cerita apalagi anak-anak. Saat dimana anak mengembangkan imajinasi dan memperluas minatnya adalah ketika ia mendengarkan cerita. Dengan cerita, anak belajar mengenal manusia dan kehidupan serta dirinya sendiri. Lewat cerita-cerita yang guru sampaikan, anak meluaskan dunia dan pengalaman hidupnya. Oleh karena itu mendongeng atau bercerita pada anak perlu dilakukan sejak dini.

    Untuk itu, seorang guru yang menjadi pendongeng dituntut mampu memanfaatkan sarana fisik berupa alat penghasil suara secara optimal serta mampu memanfaatkan sarana fisik lainnya, yakni tubuh dan anggota tubuh untuk melakukan mimik dan pantomimik yang menarik.

  3. Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

    Mendongeng tidak hanya dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Indonesian saja, melainkan dapat juga dilakukan pada bidang studi lainnya, hanya saja porsi waktu yang disesuaikan atau sebagai pengantar mata pelajaran tersebut atau tatkala siswa mengalami kejenuhan belajar. Kita tahu bahwa mendongeng atau bercerita adalah hal yang cukup diminati oleh semua orang.

  4. Mendongeng dalam Kegiatan Belajar Mengajar

    Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

  5. Mendongeng dalam Kegiatan Belajar Mengajar

    Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.
    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.
    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

  6. Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar

    Yang lebih penting adalah bagaimana guru memulai mendongeng secara teratur setiap hari meskipun dalam jangka waktu pendek daripada dalam jangka waktu panjang tetapi tidak teratur. Mungkin siswa terbuai dengan dongeng, maka guru bisa sedikit berdiskusi mengenai apa saja yang dia tanyakan.

    Untuk itu, seorang guru yang menjadi pendongeng dituntut mampu memanfaatkan sarana fisik berupa alat penghasil suara secara optimal serta mampu memanfaatkan sarana fisik lainnya, yakni tubuh dan anggota tubuh untuk melakukan mimik dan pantomimik yang menarik.

  7. Mendongeng dalam Kegiatan Belajar Mengajar
    Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

    Mendongeng tidak hanya dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Indonesian saja, melainkan dapat juga dilakukan pada bidang studi lainnya, hanya saja porsi waktu yang disesuaikan atau sebagai pengantar mata pelajaran tersebut atau tatkala siswa mengalami kejenuhan belajar. Kita tahu bahwa mendongeng atau bercerita adalah hal yang cukup diminati oleh semua orang.

    Yang lebih penting adalah bagaimana guru memulai mendongeng secara teratur setiap hari meskipun dalam jangka waktu pendek daripada dalam jangka waktu panjang tetapi tidak teratur. Mungkin siswa terbuai dengan dongeng, maka guru bisa sedikit berdiskusi mengenai apa saja yang dia tanyakan. Atau bila siswa minta diceritakan sekali lagi, tidak ada salahnya memenuhi permintaannya. Bisa pula kegiatan ini dialihkan perlahan-lahan, misalnya dengan menyuruh siswa menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai dengan cerita yang baru didengarnya dan guru dapat mengatakan bahwa besok akan mendongeng lagi dengan cerita yang lain.

    Semua orang tentu menyukai cerita apalagi anak-anak. Saat dimana anak mengembangkan imajinasi dan memperluas minatnya adalah ketika ia mendengarkan cerita. Dengan cerita, anak belajar mengenal manusia dan kehidupan serta dirinya sendiri. Lewat cerita-cerita yang guru sampaikan, anak meluaskan dunia dan pengalaman hidupnya. Oleh karena itu mendongeng atau bercerita pada anak perlu dilakukan sejak dini.

    Untuk itu, seorang guru yang menjadi pendongeng dituntut mampu memanfaatkan sarana fisik berupa alat penghasil suara secara optimal serta mampu memanfaatkan sarana fisik lainnya, yakni tubuh dan anggota tubuh untuk melakukan mimik dan pantomimik yang menarik.

  8. Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

  9. Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

    Mendongeng tidak hanya dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Indonesian saja, melainkan dapat juga dilakukan pada bidang studi lainnya, hanya saja porsi waktu yang disesuaikan atau sebagai pengantar mata pelajaran tersebut atau tatkala siswa mengalami kejenuhan belajar. Kita tahu bahwa mendongeng atau bercerita adalah hal yang cukup diminati oleh semua orang.

    Yang lebih penting adalah bagaimana guru memulai mendongeng secara teratur setiap hari meskipun dalam jangka waktu pendek daripada dalam jangka waktu panjang tetapi tidak teratur. Mungkin siswa terbuai dengan dongeng, maka guru bisa sedikit berdiskusi mengenai apa saja yang dia tanyakan. Atau bila siswa minta diceritakan sekali lagi, tidak ada salahnya memenuhi permintaannya. Bisa pula kegiatan ini dialihkan perlahan-lahan, misalnya dengan menyuruh siswa menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai dengan cerita yang baru didengarnya dan guru dapat mengatakan bahwa besok akan mendongeng lagi dengan cerita yang lain.

    Semua orang tentu menyukai cerita apalagi anak-anak. Saat dimana anak mengembangkan imajinasi dan memperluas minatnya adalah ketika ia mendengarkan cerita. Dengan cerita, anak belajar mengenal manusia dan kehidupan serta dirinya sendiri. Lewat cerita-cerita yang guru sampaikan, anak meluaskan dunia dan pengalaman hidupnya. Oleh karena itu mendongeng atau bercerita pada anak perlu dilakukan sejak dini.

    Untuk itu, seorang guru yang menjadi pendongeng dituntut mampu memanfaatkan sarana fisik berupa alat penghasil suara secara optimal serta mampu memanfaatkan sarana fisik lainnya, yakni tubuh dan anggota tubuh untuk melakukan mimik dan pantomimik yang menarik

  10. Mendongeng dalam Kegiatan Belajar Mengajar

    Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

  11. Mendongeng dalam kegiatan belajar mengajar
    Mendongen adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara.
    Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketermpilan seni.

  12. Mendongeng dalam Kegiatan Belajar Mengajar
    Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara. Keterampilan mendongeng sangat penting bagi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi juga sebagai pengembangan ketrampilan seni. Mendongeng adalah menceritakan dongeng yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi; terutama tentang kisah zaman dulu.

    Dalam Permen Diknas tahun 2006 tentang Standar Isi dimana ada sebagian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengisyaratkan bahwa pembelajaran mendongeng/bercerita tetap mendapat porsi yang strategis dan aktual untuk dibelajarkan pada siswa mulai jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

    Saat ini, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebenarnya kegiatan mendongeng dapat dijadikan konsep strategi bagi guru untuk lebih memaksimalkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai alternatif pilihan proses pembelajaran, mendongeng dapat menyegarkan suasana kelas, pikiran siswa serta dapat menambah kemampuan ketrampilan berbicara guru.

    Mendongeng tidak hanya dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Indonesian saja, melainkan dapat juga dilakukan pada bidang studi lainnya, hanya saja porsi waktu yang disesuaikan atau sebagai pengantar mata pelajaran tersebut atau tatkala siswa mengalami kejenuhan belajar. Kita tahu bahwa mendongeng atau bercerita adalah hal yang cukup diminati oleh semua orang.

    Yang lebih penting adalah bagaimana guru memulai mendongeng secara teratur setiap hari meskipun dalam jangka waktu pendek daripada dalam jangka waktu panjang tetapi tidak teratur. Mungkin siswa terbuai dengan dongeng, maka guru bisa sedikit berdiskusi mengenai apa saja yang dia tanyakan. Atau bila siswa minta diceritakan sekali lagi, tidak ada salahnya memenuhi permintaannya. Bisa pula kegiatan ini dialihkan perlahan-lahan, misalnya dengan menyuruh siswa menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai dengan cerita yang baru didengarnya dan guru dapat mengatakan bahwa besok akan mendongeng lagi dengan cerita yang lain.

    Semua orang tentu menyukai cerita apalagi anak-anak. Saat dimana anak mengembangkan imajinasi dan memperluas minatnya adalah ketika ia mendengarkan cerita. Dengan cerita, anak belajar mengenal manusia dan kehidupan serta dirinya sendiri. Lewat cerita-cerita yang guru sampaikan, anak meluaskan dunia dan pengalaman hidupnya. Oleh karena itu mendongeng atau bercerita pada anak perlu dilakukan sejak dini.

    Untuk itu, seorang guru yang menjadi pendongeng dituntut mampu memanfaatkan sarana fisik berupa alat penghasil suara secara optimal serta mampu memanfaatkan sarana fisik lainnya

  13. Pingback: Versus Market URL
  14. You made some really goiod points there.
    I checked on the web for more info about the issue and found
    most people will go along with your views on this site.

  15. Greetings! Very helpful advice in this partijcular article!

    It is the little changes that will make the biggest changes.
    Many thanhks for sharing!

  16. Hi, i feel that i saw you visited my web site sso i got here tto return the
    want?.I am attempting to find issues to enhance my web site!I suppose its good enough to use
    a few of your ideas!!

  17. Hi ther everyone, it’s my first pay a visit at this
    site, and paragraph is actually fruitful deigned for me, keep up postijng such articles or reviews.

  18. Hi there, I discovered your web site by way of Goole at the samme time as searching for a similar topic, your website ggot here up, iit appears good.

    I have bookmarked it iin my google bookmarks.

    Hi there, just turned into aware of your weblog through Google, annd located that it is trruly informative.

    I’m ging to wztch out for brussels. I will appreciate
    when you contiinue this in future. Numerous people will likely be benefited from
    your writing. Cheers!

  19. Good day! Would you mind if I share your blog with my facebook group?
    There’s a lot of people that I think would really enjoy your content.

    Please leet me know. Thanks

  20. Pretty nice post. I simply styumbled upon your blog and wished
    to say that I have really loved surfing around your blog posts.
    In any case I will be subscribinng on youur feed and I hope
    you write again very soon!

  21. I just like the helpful information you supply in your articles.
    I wiull booklmark your weblog and check again here regularly.
    I’m moderately certain I will learn many new
    stuff right here! Best of luck for the following!

  22. Just wish to say your article is as astounding.

    The clearness in your post is just spectacular aand i can assume you are an expert
    on this subject. Well with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post.
    Thanks a million and please continue the rewarding work.

  23. Pingback: sig sauer p220
  24. hello!,I really likie your writing very so much! proportion we
    keep up a correspondence extra approximately your post on AOL?

    I need an expert on this spce to unravel myy problem. Maay be that iis you!
    Having a look ahead to peer you.

  25. Hey I know this iis off topic but I was wondering iif you knew of any widgets I could add to my bblog that automaztically tweet my newest twitter
    updates. I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping mybe you would have some experience with something loke
    this. Please let me know if you run into anything.
    I truly enjoy reading your blog and I look forward
    to your new updates.

  26. Pingback: Uni of dy
  27. Excellent blog! Do you have any recommendations for aspiring writers?
    I’m hiping to start my own website soon buut I’m a little llst on everything.
    Would you recommend starting wiuth a free platform like WordPress oor ggo for a paid option?
    There arre so many options out there that I’m totally confused ..
    Any recommendations? Thanks!

  28. Pingback: kardinal stick
  29. Pingback: relx
  30. Pingback: wow slot
  31. Pingback: slot999
  32. Pingback: cvv pro
  33. Pingback: escorts in Modesto
  34. Pingback: nova88
  35. Pingback: maxbet
  36. Pingback: sbobet
  37. Pingback: try this out
  38. Pingback: plantas curativas
  39. Pingback: 이천자연눈썹
  40. Pingback: crystal meth blue
  41. Pingback: Devops offerings
  42. Pingback: cliquez pour plus
  43. Pingback: Key Wall Safe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *